Penyebab Gigi Sensitif Dan Tips Mengatasinya

Halo teman-teman. Bagaimana kabarmu? pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi melalui artikel yang berjudul Penyebab Gigi Sensitif Dan Tips Mengatasinya. Apakah memang ini yang kamu cari?

Penyebab Gigi Sensitif Dan Tips Mengatasinya

Gigi menjadi sensitif ketika lapisan gigi yang disebut dentin terekspos ke bagian luar gigi, misalnya karena kerusakan enamel. Dentin terhubung dengan saluran yang berisi serabut-serabut saraf. 1 dari 8 orang dewasa memiliki gigi sensitif, yang rasanya sangat nyeri ketika minum atau makan makanan yang panas atau dingin. berikut ini biasa penyebat gigi ngilu?

1. Akibat dari makanan asam.

Bila gusi sudah agak kendur, maka mengonsumsi makanan asam seperti saus tomat, lemon, grapefruit, kiwi, atau acar memang dapat memicu rasa sakit. Maka dari itu, sebaiknya kamu menghindari sementara deretan makanan tersebut hingga kamu selesai mendapat pemeliharaan dari dokter gigi.

2. Dampak dari pemakaian pasta gigi yang memuat pemutih.

Banyak produsen menambahkan zat kimia ke dalam formula pasta giginya khususnya yang berlabel ‘pemutih’, dan zat inilah yang kemudian menjadikan gigi beberapa orang lebih sensitif. Bila selama ini kamu belum menemukan penyebab gigi ngilu, cobalah ganti odol gigi dan gunakan yang tidak mengandung whitening agents.

3. Ada gigi yang retak.

Terdapat banyak hal yang dapat membuat tekstur gigi jadi retak, misalnya usai mengunyah makanan yang terlalu keras, cedera, atau kebiasaan menggertakkan gigi. Kalau sampai ada gigi yang retak, maka rasa sakit biasanya timbul ketika kamu sedang menggigit, mengunyah, atau bahkan minum sesuatu yang panas atau dingin. untuk mengatasinya, anda butuh bantuan dokter.

Berikut beberapa cara mengatasi gigi yang sensitif atau ngilu:

1. Sikatlah gigi anda sama pasta gigi tertentu jenis desensitizing (yang kandungan bahan-bahannya membantu mengurangi sensitivitas pada gigi) selama beberapa minggu sebelum pemeliharaan dengan produk pemutih gigi. Sikatlah gigi sama pasta gigi jenis desensitizing selama beberapa hari (atau bahkan beberapa minggu) sebelum pemeliharaan pemutih gigi. Odol gigi merk “sensodyne” dan “colgate” jenis “sensitive pro relief” adalah dua pilihan yang baik.
– Sikatlah gigi kamu sama pasta gigi ini setidaknya dua kali sehari. Gunakan sikat gigi yang halus untuk membersihkan sama pasta gigi tersebut dengan gerakan berputar (bukan atas-bawah atau kiri-kanan).
– Idealnya, lama kamu menyikat gigi adalah tiga menit setiap kalinya.

2. Teratur menggunakan pembersih mulut

Pembersih mulut (mouthwash) digunakan secara teratur dan rutin untuk menjaga kebersihan muut dan gigi agar bakteri dan pembusukan dari sisa-sisa makanan di sela-sela gigi menjadi bersih.

3. Hindari makanan manis

Permen, coklat, roti biskuit yang manis dan kerap meninggalkan sisa makanan di sela-sela gigi. Selain itu, makanan manis dan lengket pun memicu terjadinya gigi berlubang kalau terlalu sering dikonsumsi.

4. Pilih sikat gigi yang lembut

Selain direkomendasikan menghindari cara menyikat gigi dengan kasar, hendaknya sobat pun memilih sikat gigi yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi dan infeksi pada gigi. Karena sikat gigi yang keras dan kelu dapat menyebabkan menipisnya lapisan email gigi akibat terkikis setiap hari.

5. Gunakan odol gigi tertentu untuk gigi sensitif

Odol gigi tertentu untuk gigi sensitif banyak tersedia di gerai-gerai dan pasaran dan sobat dapat memanfaatkannya agar persoalan gigi ngilu hilang. Pasta gigi seperti ini biasanya memuat zat-zat perlindungan bagi email gigi, penghilang rasa ngilu dan membersihkan gigi dari kuman.

Terimakasih sudah membaca artikel Penyebab Gigi Sensitif Dan Tips Mengatasinya ini. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *